Cara Menambahkan QR Code, Harga dan Masa Berlaku di Voucher Hotspot

Pada Rilis Keempat ini, Format template voucher hotspot aplikasi the userman sedikit berubah dengan versi sebelumnya. Hal ini karena pada versi ini memungkinkan anda untuk mencetak QR Code pada voucher hotspot. Fasilitas ini akan memudahkan pengguna hotspot untuk login dengan memindai QR Code tersebut.

Perubahan format tempate terdapat pada beberapa bagian yaitu :

a. Pada peletakan posisi item username dan password;

b. Item harga dan tanggal berlaku ditambahkan ke voucher;

c. Ukuran voucher setelah dicetak menjadi lebih besar seukuran kartu nama;

d. QR Code login ditambahkan ke voucher.

1. Adapun ukuran desain voucher pada photoshop tetap sama dengan versi sebelumnya yaitu Lebar/Width=450px & Tinggi/Height=250px. Berikut adalah contoh desain yang saya buat menggunakan photoshop. Anda dapat mendownloadnya disini.

Cara Menambahkan QR Code, Harga dan Masa Berlaku di Voucher Hotspot

Sekilas masih sama dengan versi sebelumnya hanya peletakan userlogin dan password saja yang berubah. Untuk kotak di pojok bawah akan diisi dengan tanggal berlaku voucher sedangkan kotak di pojok atas akan diisi dengan harga voucher. Sedangkan posisi kosong diantara kotak harga dan password akan diisi dengan QR Code.

2. Agar QR Code ditampilkan setelah voucher dicetak pastikan anda sudah mengatur template voucher menjadi custom dan melakukan sedikit pengaturan melalui menu Tools - QR Code Login

Cara Menambahkan QR Code, Harga dan Masa Berlaku di Voucher Hotspot

Pada halaman pengaturan login QR Code tersebut anda perlu menginputkan alamat hostpot anda. Alamat hotspot adalah IP Address Interface yang anda jadikan layanan hotspot atau alamat DNS Hotspot. Alamat hotspot ini adalah alamat halaman login hotspot anda. misal :

Cara Menambahkan QR Code, Harga dan Masa Berlaku di Voucher Hotspot

Setelah anda menyimpan pengaturan QR Code login maka QR Code akan muncul saat voucher dicetak. Perlu diingat bahwa pengaturan ini juga melakukan sedikit perubahan pada Router Mikrotik yaitu pada Server Profile - Login - http-chap, http-pap, cookie. Jangan merubah apapun jika anda tidak mengerti. 

3. Agar Masa berlaku voucher dapat ditampilkan pada voucher hotspot anda perlu mengatur validity melalui menu Tools - Validity Setting. Setelah melakukan pengaturan ini secara otomatis input tanggal Masa Berlaku pada saat generate user akan muncul. Pengaturan ini juga akan menambahkan script pada system scheduler mikrotik. jangan merubah apapun jika anda tidak mengerti!

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, silahkan generate beberapa user kemudian coba cetak voucher. Berikut adalah contoh hasil yang saya peroleh

Cara Menambahkan QR Code, Harga dan Masa Berlaku di Voucher Hotspot


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Login Wifi Hotspot Mikrotik dengan QR Code

Menambahkan & Mengganti Layout Voucher Hotspot di Aplikasi The Userman

User Manager (userman) Untuk RouterBoard Seri Hap Lite